Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaktivasi Jalur Kereta Api, Gambringan-Gundih Aktif Kembali 1 Desember 2019

Mulai 1 Desember 2019 jalur Gambringan – Gundih Semarang yang selama ini tidak digunakan akan kembali aktif dan dilewati KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi – Kutoarjo PP.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - Mulai 1 Desember 2019 jalur Gambringan – Gundih Semarang yang selama ini tidak digunakan akan kembali aktif dan dilewati KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi – Kutoarjo PP.

Untuk menciptakan kondisi keselamatan berlalu lintas khususnya di perlintasan sebidang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang akan melakukan sosialisasi awal kepada masyarakat di sepanjang lintasan Kereta Api Gambringan - Gundih. 

Manager Humas PT KAI DAOP 4 Semaenag Krisbiantoro mengatakan sosialisasi awal ini dengan menggunakan lori dresin dan pemasangan spanduk di titik-titik cikal bakal/embrio perlintasan sebidang yang berpotensi menjadi perlintasan besar. 

"Hasil dari sosialisasi ini nantinya akan mengarah ke penutupan perlintasan kereta api sebidang yang membahayakan khususnya perlintasan yang tidak dijaga. Secara bertahap penutupan perlintasan yang tidak dijaga akan dilakukan di petak jalan antara Stasiun Gambringan – Stasiun Gundih tersebut," kata Krisbiantoro melalui siaran persnya Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, hal ini dilakukan karena di lintas yang sudah tidak dilewati KA reguler sejak lama ini, akan kembali dilewati KA reguler pada 1 Desember 2019 mendatang.

Dia memaparkan berdasarkan data yang dimiliki PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang, lintas Gambringan – Gundih sepanjang hampir 10 km ini, memiliki 13 titik perlintasan tidak dijaga. Lintasan ini tidak digunakan sebagai jalur KA reguler tetapi hanya digunakan sebagai jalur alternatif KA saat terjadi gangguan di lintas raya.

Namun direncanakan pada 1 Desember 2019 jalur Gambringan – Gundih akan dilewati KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi – Kutoarjo PP.

"Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan menjamin keselamatan perjalanan kereta api, jajaran manajemen PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang melakukan pemeriksaan lintas Gambringan – Gundih dengan menggunakan Lori Dresin pada Rabu esok (30/10)," ujarnya.

Ikut dalam rombongan pemeriksaan yakni Kadishub Grobogan, yang bersama-sama dengan Manajemen PT KAI (Persero) melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat di sekitar perlintasan Gambringan – Gundih. Selain itu, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang juga memasang imbauan berupa Spanduk yang dibentangkan di titik-titik perlintasan tidak dijaga di sepanjang lintas Gambringan – Gundih.

Melalui kegiatan pemeriksaan lintas dan sosialisasi ini diharapkan masyarakat di sekitar jalur KA lintas Gambringan – Gundih dapat lebih waspada dan berhati-hati saat akan melewati perlintasan kereta api. Selain itu, juga diharapkan masyarakat ikut membantu terciptanya keamanan dan keselamatan perjalanan KA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper