Pemkot Yogyakarta Tambah Penyertaan Modal di BPD DIY

Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melakukan penyertaan modal ke Bank Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta (BPD DIY) sebesar Rp37,275 miliar.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 02 Desember 2019  |  00:08 WIB
Pemkot Yogyakarta Tambah Penyertaan Modal di BPD DIY
Ilustrasi kegiatan perbankan - Antara

Bisnis.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melakukan penyertaan modal ke Bank Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta (BPD DIY) sebesar Rp37,275 miliar.

Dalam siaran resmi, dijelaskan penambahan dana tersebut membuat total penyertaan modal Pemkot Yogyakarta di BPD DIY kini mencapai Rp151,8 miliar.

“Penyertaan modal ini bertujuan memperkuat struktur modal BPD DIY agar ke depan terus bisa berkembang,” ujar Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat penyerahan penyertaan modal di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (29/11/2019).

Penyertaan modal tersebut dilakukan sesuai amanat Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada Badan Usaha Milik Daerah.

Pihaknya berharap, BPD DIY bisa memperluas jaringannya dengan membuka cabang di luar daerah, bahkan di luar pulau Jawa. Ekspansi tersebut sebetulnya sudahdilakukan sejumlah bank daerah lain yang telah membuka cabang di Yogyakarta.

Haryadi menuturkan sehubungan dengan telah terpenuhinya modal Bank BPD DIY, Pemkot Yogyakarta mengimbau BPD DIY dapat terus mengembangkan perekonomian UMKM serta Koperasi di wilayah Kota Yogyakarta.

Salah satunya melalui penyaluran kredit kepada UMKM dan Koperasi agar dapat mencapai target yang diharapkan.

Di sisi lain, BPD DIY harus terus mengembangkan diri menghadapi perubahan dan dinamika perekonomian serta persaingan yang semakin ketat pada 2020.

“Harus dipahami bahwa kedepan kita akan memasuki era yang menuntut perubahan secara cepat sehingga harus diimbangi dengan memberikan kualitas maupun kuantitas layanan yang semakin mudah, murah sehingga memuaskan masyarakat,” kata Haryadi.

Sementara itu, Direktur Umum BPD DIY Cahya Widi mengutarakan penambahan modal tersebut akan dilakukan untuk meningkatkan layanan dan operasional.

“Semakin besar modal yang dimiliki, bank akan semakin kuat dan bisa memberikan layanan terbaik,” ucapnya.

Dia optimis BPD DIY mampu memenuhi target pemenuhan proyeksi penyetoran dividen sebesar Rp20 miliar untuk tahun ini.

Adapun, Pemkot Yogyakarta telah menyetorkan modal pada 2017 ke BPD DIY sebesar Rp117 miliar. Kewajiban penyertaan modal hanya tersisa Rp351 miliar yang akan dipenuhi secara bertahap hingga 2025.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bpd, bpd diy

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top