Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan 60 Destinasi, Kendal Bentuk Klaster Pariwisata

Kegiatan seminar bertujuan untuk memfasilitasi terbentuknya klaster pariwisata di Kendal, selain menyatukan visi dan misi bersama, kolaborasi serta sinergi program antar pelaku pariwisata di Kendal.
Pantai Wisata Ngebum/wisatalengkap-@farrachman
Pantai Wisata Ngebum/wisatalengkap-@farrachman

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kabupaten Kendal membentuk klaster pariwisata untuk semakin mengembangkan dan meningkatkan kunjungan 60 destinasi wisata di Kendal, Jawa Tengah.

Dikutip dari siaran resmi, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal Membentuk Klaster Pariwisata Kabupaten Kendal pada Senin (17/12/2019).

Ketua Pelaksana Seminar Klaster Pariwisata Kendal Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan  pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk memfasilitasi terbentuknya klaster pariwisata di Kendal. Selain itu, seminar berfungsi menyatukan visi dan misi bersama, kolaborasi serta sinergi program antar pelaku pariwisata di Kendal.

“Kemudian untuk meningkatkan kunjungan wisata, baik lokal, regional, nasional maupun internasional guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah,” paparnya.

Mulyadi mengatakan, di Kabupaten Kendal sudah ada lima klaster, yaitu klaster pisang, klaster jambu, klaster kopi, dan klaster batik. Dibentuknya klaster pariwisata diharapkan dapat mengangkat sektor usaha lainnya lainnya, seperti olahan jambu, batik, kopi dan produk-produk UMKM lainnya.

Kepala Disporapar Kendal Agung Setiawan menyampaikan saat ini di Kabupaten Kendal ada sekitar 60 destinasi wisata, tetapi semuanya belum maju secara signifikan. Oleh karena itu, adanya klaster pariwisata akan mendorong semua pihak untuk bersama-sama memajukan pariwisata di Kendal.

Beberapa tempat yang patut dikunjungi ketika berada di Kabupaten Kendal adalah Kali Bladon, Danau Banaran, hutan Pinus Nglimut

“Diharapkan klaster ini bisa menjadi klaster unggulan di Kabupaten Kendal, yang juga dapat mengangkat klaster-klaster lainnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Kabupaten Magelang juga sudah membuat klaster pariwisata sebagai pihak teknis yang membantu pengembangan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper