Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Baru Universitas Diponegoro Disumpah dari Jarak Jauh

Dalam pengambilan sumpah angkatan ke-230 tersebut hanya lima perwakilan dokter baru.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 April 2020  |  12:19 WIB
Perwakilan dokter baru hadir langsung di Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran Undip Semarang, Senin, dalam pengambilan sumpah yang dilakukan secara daring. - Antara/I.C.Senjaya
Perwakilan dokter baru hadir langsung di Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran Undip Semarang, Senin, dalam pengambilan sumpah yang dilakukan secara daring. - Antara/I.C.Senjaya

Bisnis.com, SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengambil sumpah 170 dokter baru dari jarak jauh atau secara daring menyusul adanya pandemi Covid-19.

Dalam pengambilan sumpah angkatan ke-230 tersebut hanya lima perwakilan dokter baru yang hadir langsung di Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran Undip Semarang, di Semarang, Senin (20/4/2020).

Pengambilan sumpah sendiri dipandu oleh Dekan Fakultas Kedokteran Undip Semarang Dwi Pudjonarko.

Sementara para dokter baru lainnya mengambil sumpah secara langsung dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi konferensi video yang sudah disiapkan.

Dalam kegiatan tersebut, sambutan Rektor Undip Semarang dan perwakilan orangtua dokter baru juga disampaikan secara virtual.

Dekan Fakultas Kedokteran Undip Semarang Dwi Pudjonarko mengatakan pengambilan sumpah dokter secara daring ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh kampus ini.

Meski demikian, lanjut dia, Undip bukan perguruan tinggi pertama yang mengambil sumpah dokter baru secara virtual. "Undip ini perguruan tinggi kelima yang mengambil sumpah dokter baru secara virtual di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Secara hukum, menurut dia, pengambilan sumpah secara daring ini sah. Kepada para dokter baru, ia berpesan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi situasi yang terjadi saat ini.

"Covid-19 merupakan ujian bagi profesi dokter. Bersiaplah untuk mengabdikan diri," katanya.

Sementara Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama dalam sambutan yang disampaikan secara virtual menyampaikan syukur karena pengambilan sumpah dokter batu ini bisa digelar di tengah keprihatinan bangsa.

Menurut dia, dokter merupakan profesi yang bermartabat. "Oleh karena itu harus diemban oleh seseorang yang mempunyai integritas tinggi," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah semarang undip Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top