Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelola Wisata Jateng Adopsi Prokes dan Teknologi Sambut Pembukaan Destinasi

Pengelola daya tarik wisata telah menyiapkan sejumlah skenario operasional. Salah satunya dengan membuka reservasi tiket secara daring. Vaksinasi karyawan dan sertifikasi CHSE juga telah dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung.
Ilustrasi - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama istrinya Siti Atiqoh saat mengunjungi Svarga Bumi Magelang./Humas Jateng
Ilustrasi - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama istrinya Siti Atiqoh saat mengunjungi Svarga Bumi Magelang./Humas Jateng

Bisnis.com, MAGELANG – Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) di sejumlah daerah di Jawa Tengah masih menunggu izin uji operasional. Pasalnya, sudah sebulan lebih aktivitas pariwisata di Jawa Tengah terhenti akibat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami berterimakasih apabila nanti DTW di Kabupaten Magelang [bisa] ditunjuk sebagai salah satu tempat uji coba [operasional pariwisata di Jawa Tengah]. Karena sudah 1,5 bulan tutup, tidak ada pemasukan tapi keluar biaya operasional,” jelas Agung Widi, salah satu pemilik objek wisata Svarga Bumi yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jumat (13/8/2021).

Widi mengungkapkan bahwa sejumlah persiapan telah dilakukan. Mulai dari pengajuan sertifikasi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga pelaksanaan vaksinasi bagi karyawan.

“Tentunya kami akan jalankan lebih ketat SOP CHSE yang sudah kami jalankan sebelumnya. Mulai dari gerakan 5M, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung dan karyawan. [Untuk itu] karyawan kami juga sudah divaksin untuk keamanan dan keselamatan bersama,” jelas Widi ketika dihubungi Bisnis.

Apabila dibutuhkan, Widi juga mengaku siap semisal Pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten mensyaratkan pembatasan jam operasional dan jumlah kapasitas pengunjung. Potensi kerumunan juga akan diminimalkan dengan penggunaan teknologi informasi. “Kami akan dorong untuk pengunjung membeli tiket secara online di www.svargabumi.store,” tambahnya.

Senada dengan Widi, pengelola Desa Wisata di Lerep juga tengah menanti keputusan pemerintah terkait rencana uji coba operasional DTW. “Untuk pasar kuliner sementara memang masih libur dulu. Menunggu keadaan stabil. Tapi sejak minggu kemarin kami sudah mulai coba koordinasi dengan dinas terkait untuk [mengajukan izin] pembukaan pasar kuliner. Tetapi belum juga dapat lampu hijau. Mungkin masih harus menunggu,” jelas Yanwar Faizin, Ketua Kuliner Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Terkait hal tersebut, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, menegaskan bahwa hingga saat ini izin uji coba operasional DTW masih sebatas rencana. “Semua masih mengacu Inmendagri No.30/2021 bahwa tempat wisata umum masih tutup,” jelas Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Riyadi Kurniawan, Kamis (12/8/2021) kemarin.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebut bahwa pihaknya mulai mempertimbangkan rencana uji coba pembukaan DTW. Hal tersebut dilakukan seiring pembukaan pusat perbelanjaan modern atau mal di Kota Semarang. “Ini baru uji coba, jadi terpaksa kita menerima dulu kondisi ini. Apapun yang terjadi, pemerintah punya keinginan kuat untuk membantu meningkatkan kembali ekonomi dan masyarakat bisa kembali beraktivitas,” jelasnya, Rabu (11/8/2021) kemarin.

Sementara ini, Ganjar mengajak pengelola wisata untuk mulai mempersiapkan skenario operasional. Sehingga apabila telah resmi dibuka, pengelola wisata bisa langsung menyesuaikan dengan aturan yang ada. “Kalau perlu kita uji coba dulu di beberapa titik. Dengan cara misalnya pembelian tiket online, syarat ketat bagi wisatawan, jam kunjungan dibatasi. Sehingga kalau terjadi sesuatu pengendaliannya bisa lebih mudah,” sebut Ganjar, Selasa (10/8/2021).

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : jatengprov.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper