Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendakian ke Merbabu Kembali Dibuka

Jalur pendakian di gunung yang memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini kembali dibuka mulai 5 Oktober nanti.
Imam Yuda Saputra
Imam Yuda Saputra - Bisnis.com 02 Oktober 2021  |  19:21 WIB
Pendakian ke Merbabu Kembali Dibuka
Warga melintas di sekitar gerbang jalan tol Salatiga yang berlatar belakang gunung Merbabu di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (8/6). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, SEMARANG — Sempat ditutup karena kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, jalur pendakian Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kembali dibuka mulai Selasa (5/10/2021) nanti.

Gunung Merbabu yang membentang di tiga wilayah Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Semarang selama ini memang menjadi tujuan para pendaki. Panorama alamnya yang indah serta jalur pendakian yang cukup menantang menjadi daya tarik pendaki.

Pada masa libur, seperti 17 Agustus atau akhir pekan, Gunung Merbabu selalu dikunjungi wisatawan. Namun, sejak PPKM darurat diterapkan jalur pendakian di Gunung Merbabu sempat ditutup.

Kini, jalur pendakian di gunung yang memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini kembali dibuka mulai 5 Oktober nanti.

Dikutip dari Instagram Balai Taman Nasional Gunung Merbabu di @btn_gn_merbabu, jalur pendakian Gunung Merbabu di Jalur Thekelan akann dibuka mulai 5 Oktober 2021. Meski demikian, untuk bisa melewati jalur pendakian ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pendaki.

Beberapa syarat itu antara lain pendaki wajib menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Selain itu, pengunjung objek wisata pendakian juga wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online melalui situs web www.tngunungmerbabu.org.

Sesuai Instruksi Bupati Semarang Nomor 28/2021, kuota pengunjung objek wisata pendakian di Gunung Merbabu dibatasi 25% dari total kapasitas.

Selain itu, akun tersebut juga menginformasikan jika jalur pendakian yang lain di Gunung Merbabu juga masih dalam proses pembukaan. Apabila terjadi kondisi yang tidak memungkinkan, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu juga akan melakukan evakuasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut.

Dibukanya akses jalur pendakian Gunung Merbabu ini disambut positif warganet. Banyak di antara mereka yang sudah rindu untuk mendaki Gunung Merbabu.

“Siap meluncur,” tulis akun @kopdartripindonesia.

Meski demikian, ada juga netizen yang menanyakan persyaratan khusus untuk mendaki di Gunung Merbabu, seperti wajib vaksin atau tes swab antigen.

Akun Instagram @btn_gn_merbabu pun memberikan jawaban, bahwa syaratnya hanyalah menunjukkan aplikasi PeduliLindungi. Sementara, untuk swab tes antigen maupun PCR tidak diberlakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng merbabu Jalur Pendakian

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top