Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Daop 4 Semarang Waspadai 51 Titik Rawan di Musim Penghujan

Di wilayah Daop 4 Semarang, saat ini terdapat 51 titik rawan yang dinilai memiliki potensi bahaya, mulai dari banjir, amblesan, hingga tanah longsor.
Petugas memasang Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun wilayah Daop 4 Semarang./Istimewa.
Petugas memasang Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun wilayah Daop 4 Semarang./Istimewa.

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mengantisipasi dan meminimalisasi gangguan perjalanan kereta api selama musim penghujan.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan upaya antisipasi yang dilakukan di wilayah KAI Daop 4 Semarang di antaranya dengan menyiagakan petugas khusus di beberapa titik rawan dan menyediakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun.

"Kami menyiagakan petugas selama 24 jam yang tersebar di beberapa titik rawan serta menyiapkan AMUS untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api," katanya, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya, di wilayah Daop 4 Semarang, saat ini terdapat 51 titik rawan yang dinilai memiliki potensi bahaya, mulai dari banjir, amblesan, hingga tanah longsor.

Jumlah titik rawan tersebut, sudah mengalami penurunan dari awal tahun 2021 yang berjumlah 98 titik rawan. Berbagai perbaikan sudah dilakukan dengan normalisasi drainase, pembuatan talut penahan konstruksi jalur KA, sehingga jumlah lokasi rawan tersebut dapat berkurang.

"51 titik rawan yang masih dalam penanganan pihak KAI Daop 4 Semarang diantaranya: 17 titik di wilayah Gundih koridor Semarang - Solo, 9 titik di wilayah Kuripan, 5 titik wilayah Pekalongan koridor Semarang - Cirebon dan 4 titik di wilayah Gambringan koridor Semarang - Surabaya Pasarturi dan beberapa titik lainnya yang tersebar di wilayah Semarang, Gubug, Panunggalan, Cepu, Tegal. Pemalang, Batang, Weleri, Kaliwungu, Karangjati, Doplang dan Kedungjati," jelasnya.

Dia menambahkan, dari sisi kesiapan material, KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan AMUS pada 19 titik, meliputi, Tegal, Pemalang, Petarukan, Pekalongan, Batang, Kuripan, Weleri, Kalibodri, Kaliwungu, Semarang, Brumbung, Kedungjati, Gundih, Gambringan, Panunggalan, Kradenan, Doplang, Randublatung dan Cepu.

AMUS yang disiapkan tersebut berupa pasir dalam kantong karung, bantalan rel, perancah dari potongan rel dan peralatan ringan hingga alat berat seperti Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) yang digunakan untuk merawat serta memelihara kondisi jalur rel.

"Langkah preventif lain yang telah dilakukan KAI Daop 4 Semarang yaitu kegiatan Tilik PJL (Penjaga Jalan Lintasan). Dalam Tilik PJL tersebut, Manajemen KAI Daop 4 Semarang secara rutin mengunjungi setiap pos PJL yang ada di wilayah Daop 4 Semarang, mulai dari Tegal sampai dengan Cepu," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, jajaran Daop 4 Semarang memastikan kesiapan petugas dalam menjalankan dinasannya dan merefresh pengetahuan SOP tentang perlintasan sebidang, serta memastikan kelengkapan alat pendukung keselamatan yang ada pada setiap pos PJL.

"KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di musim hujan ini, kami bekerja ekstra memastikan perjalanan kereta api berjalan dengan aman, lancar dan selamat," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper