Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Keramaian Malam Tahun Baru, Spot-spot di Jogja Ini Ditutup Pagar

Terdapat sejumlah spot wisata di Yogayakarta yang akan ditutup pagar jelang malam tahun baru guna mencegah keramaian.
Suasana Jl Malioboro, Yogyakarta. /Harian Jogja
Suasana Jl Malioboro, Yogyakarta. /Harian Jogja

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta telah memetakan sejumlah tempat yang bakal jadi titik keramaian masyarakat pada malam tahun baru 2022. Sebelum 31 Desember 2021, petugas akan menutup tempat-tempat itu dengan pagar agar tidak ada siapapun yang beraktivitas di sana.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa berdasarkan evaluasi, beberapa tempat yang berpotensi menjadi spot kepadatan malam tahun baru, yakni di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, baik depan Benteng Vredeburg maupun Istana Negara, serta Alun-Alun Selatan dan Utara.

"Tempat-tempat itu akan dipagar supaya tidak ada wisatawan yang mendekat dan nongkrong di sana sambil menanti pergantian tahun," kata Heroe, dikutip pada Senin (27/12/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, sejak Jumat (24/12/2021), jumlah sepeda motor yang masuk wilayah itu diketahui sebanyak 21.628 unit atau 65,9 persen dan mobil sebanyak 9.528 unit atau 28,2 persen.

Namun pada Sabtu (25/12/2021), sedikit menurun dengan rincian jumlah sepeda motor yang masuk Yogyakarta sebanyak 19.362 unit dan mobil 7.741 unit.

"Puncak mobilitas masyarakat saat libur Natal dan tahun baru terjadi pada Jumat malam kemarin," ujarnya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta, Komisaris Besar Purwadi mengatakan, selama libur Natal dan tahun baru, para petugas bersiaga di sejumlah pos pengamanan. Mereka tak hanya memantau arus lalu lintas, tetapi juga mengawasi penerapan protokol kesehatan selama.

Sejumlah pos pengamanan yang sekaligus berfungsi untuk monitoring protokol kesehatan, antara lain Pos Tugu, Pos Teteg Malioboro, dan Pos Titik Nol Kilometer. Total anggota kepolisian yang bertugas selama libur Natal dan tahun baru 2022 sebanyak 1.119 personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper