Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sultan Hamengku Buwono X Sebut Cara Penyelesaian Klitih

Jumlah kasus klitih 2021 di DIY sebanyak 58 kasus dengan jumlah pelaku mencapai 102 orang.
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/10/2020). - Ist/ Dok Humas Pemda DIY.
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/10/2020). - Ist/ Dok Humas Pemda DIY.

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengemukakan penanganan kasus "klitih" atau kejahatan jalanan yang dilakukan anak di bawah umur memerlukan pendekatan kepada keluarga secara menyeluruh.

Sultan HB X menyampaikan hal itu di Yogyakarta, Rabu (29/12/2021), merespons kasus "klitih" yang kembali muncul di DIY.

"Jadi semua itu harus kita kumpulkan (keluarga pelaku kenakalan atau kejahatan, red.), kita beri pemahaman untuk dialog. Ya memang tidak mudah kalau seperti ini hanya satu keluarga, nanti sepuluh orang 'klitih' kan berarti sepuluh kepala keluarga," ujarnya.

Pemda DIY pernah memiliki lembaga konsultan yang ia bentuk khusus untuk mengatasi kenakalan anak.

Namun demikian, dalam praktik kerjanya lembaga tersebut perlu melakukan pendekatan kepada para orang tua hingga sanak saudara pelaku kenakalan atau kejahatan yang membutuhkan biaya mahal.

"Pada waktu itu mereka minta begini ini [butuh biaya] Rp3 juta sampai Rp4 juta menangani satu keluarga. Bagi saya itu masih terlalu mahal. Kita perlu cari yang lain yang lebih memungkinkan," kata dia.

Berbagai upaya pembinaan, menurut Sultan, telah dilakukan untuk menangani para pelaku "klitih", khususnya para anak di bawah umur, namun selalu menghadapi tantangan di lapangan.

Berkaca dari serangkaian persoalan yang dipaparkannya, ia menilai perlu upaya lebih efektif guna meminimalisasi kemunculan kenakalan anak.

"Jadi mungkin itu yang perlu kita perhatikan. Jadi mungkin kita bisa bicara lebih jauh, kita bisa masuk ke ruang-ruang mereka," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY tengah menyusun program pembinaan anak bawah umur yang berhadapan dengan hukum dan berstatus diversi, khususnya terkait dengan kasus kejahatan jalanan.

"Misinya adalah membina para pelaku 'klitih' tersebut sebelum dikembalikan ke keluarga dan masyarakat," kata dia.

Program pembinaan tersebut, ujar dia, bakal diampu oleh beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY.

Aksi "klitih" muncul di Jalan Kaliurang Kecamatan Ngaglik, Sleman pada Senin (27/12) dini hari yang mengakibatkan korban mengalami luka di telapak tangan, gigi depan, serta bagian punggung.

Terkait dengan kasus itu, polisi telah mengamankan enam orang yang salah satunya masih berstatus pelajar.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol R. Slamet Santoso menuturkan kasus "klitih" di DIY selama 2021 tercatat 58 kasus dengan jumlah pelaku mencapai 102 orang. Jumlah kasus tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 52 kasus.

Dari 102 pelaku, ujar dia, sebagian besar atau 80 orang di antaranya masih berstatus pelajar, selebihnya pengangguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler