Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kesigapan Penanganan Kebakaran RSUP Kariadi Diapresiasi

Ganjar bertemu dengan sejumlah tenaga kesehatan yang bertugas di Gedung Kasuari dan menanyakan kondisinya serta memastikan semua terkendali.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  08:18 WIB
Suasana gedung instalasi Kasuari pascakebakaran di RSUP dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021) malam. Sebanyak 50 pasien berhasil dievakuasi dan api berhasil dipadamkan seusai 16 mobil pemadam kebakaran dan empat mobil meriam air kepolisian dikerahkan. - Antara/Aji Styawan.
Suasana gedung instalasi Kasuari pascakebakaran di RSUP dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021) malam. Sebanyak 50 pasien berhasil dievakuasi dan api berhasil dipadamkan seusai 16 mobil pemadam kebakaran dan empat mobil meriam air kepolisian dikerahkan. - Antara/Aji Styawan.

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kesigapan para petugas RSUP dr. Kariadi, Kota Semarang, dalam menangani dan mengevakuasi sejumlah pasien saat terjadi kebakaran sehingga tidak ada korban jiwa.

"Saya senang semuanya sigap, baik perawat, tenaga kesehatan dan pegawai lain untuk mengevakuasi pasien ke tempat aman. Tim pemadam kebakaran dan tim relawan juga hebat, mereka dengan cepat bisa memadamkan api sehingga kondisi normal kembali. Alhamdulillah semua terkendali," kata Ganjar usai mengecek lokasi kebakaran di RSUP dr. Kariadi, Semarang, Kamis (30/12/2021) malam.

Ganjar juga bertemu dengan sejumlah tenaga kesehatan yang bertugas di Gedung Kasuari dan menanyakan kondisinya serta memastikan semua terkendali.

"Tadi waktu kebakaran di sana ya? Terus 'njenengan' (anda) ikut menyelamatkan pasien?," tanya Ganjar kepada sejumlah perawat.

"Iya pak, saat kejadian kami juga panik, tiba-tiba ada api dan asap di mana-mana, tapi kami tetap berusaha tenang dan membantu mengevakuasi pasien," jawab para perawat.

Mendengar jawaban tersebut, Ganjar kemudian mengacungi jempol atas aksi para perawat itu dan meminta para perawat yang sudah selesai jam piket agar segera pulang serta menenangkan diri.

"Langsung pulang, istirahat ya. 'Njenengan' hebat," kata dia.

Ganjar juga menyempatkan diri naik ke lantai 6 Paviliun Garuda untuk menemui sejumlah pasien yang dievakuasi dari Gedung Kasuari yang terbakar.

Di tempat itu, ia menyapa pasien, menghibur, dan menguatkan mental mereka.

"'Njenengan saking mriko' (Anda dari sana), ya sudah sementara di sini dulu. 'Sing sabar, semangat nggih. Wis saiki istirahat, ben ndang mari' (Sabar dan semangat. Sekarang istirahat agar segera sehat kembali)" kata Ganjar pada sejumlah pasien.

Diketahui, kebakaran terjadi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi Semarang, Kamis (30/12/2021). Tepatnya di Gedung Kasuari ruang (RMI) Rekam Medik sekitar pukul 18.50 WIB.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, seluruh pasien yang berada di Gedung Kasuari saat ini sudah di evakuasi oleh karyawan RSUD Kariadi Semarang dan dibantu personel Polrestabes Semarang.

Adapun, petugas pemadam kebakaran Kota Semarang masih melakukan upaya untuk memadamkan api.

Titik api berasal dari ruang Rekam Medik (RMI) diduga sementara dari konsleting listrik. Sedangkan untuk 31 pasien dari gedung Kasuari telah di evakuasi di Gedung Garuda. (k28)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang rsup kariadi

Sumber : Antara dan Bisnis

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top