Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Politikus PDIP Putut Gunawan Berpulang, Sosok Teladan bagi Kader

Mantan wartawan itu merupakan sosok yang cerdas, pintar, dan tidak pelit dalam menularkan ilmunya kepada sesama kader PDIP.
Para anggota DPRD Solo menjunjung peti berisi jenazah Putut Gunawan, di Gedung DPRD Solo, Minggu (23/1/2022) siang./JIBI-Kurniawan.
Para anggota DPRD Solo menjunjung peti berisi jenazah Putut Gunawan, di Gedung DPRD Solo, Minggu (23/1/2022) siang./JIBI-Kurniawan.

Bisnis.com, SOLO — Meninggalnya Ketua Komisi IV DPRD Solo yang juga politikus senior PDIP Solo, Putut Gunawan, 58, menyisakan janji pertemuan antara dirinya dengan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada Senin (24/1/2022) besok.

Hal itu diungkapkan Rudy, panggilan akrabnya, saat diwawancara wartawan seusai pemberian penghormatan terakhir di DPRD Solo, Minggu (23/1/2022). “Jumat telepon saya, Senin mau ketemu saya dengan teman-temannya,” ujar dia.

Tapi rencana pertemuan itu nyatanya harus pupus lantaran Putut lebih dulu berpulang pada Sabtu (22/1/2022). “Saya jam 12.00 WIB ditelepon, Mas Putut masuk ICU. Saya langsung ke sana, tapi sekitar jam 17.00 WIB saya tinggal,” urai dia.

Ihwal rencana pertemuan Putut dengan dirinya pada Senin untuk membahas agenda organisasi. Ada beberapa teman Putut yang ingin bertemu Rudy. “Saya kan siapa pun mau ketemu ya saya bukakan pintu wong omahe ra ana pagere,” kata dia.

Rudy menceritakan beberapa waktu terakhir kondisi kesehatan Putut memang tidak baik lantaran harus rutin cuci darah dua kali sepekan. Karena kondisi itu pula Rudy selalu berpesan agar Putut tidak terlalu capai dan menjaga kesehatan.

“[Saat mengobrol] Begitu jam 21.00 WIB [Putut] selalu saya minta pulang, tidak boleh lebih. Kalau capai tidak boleh melakukan kegiatan. Itu selalu pesan saya kepada beliau. Sebab Mas Putut rutin cuci darah dua kali sepekan,” terang dia.

Cukup lama kenal dan bergaul dengan Putut, Rudy menilai mantan wartawan itu merupakan sosok yang cerdas, pintar, dan tidak pelit dalam menularkan ilmunya kepada sesama kader PDIP, termasuk dirinya. Bahkan Putut layak jadi panutan.

“Beliau patut dijadikan panutan, bagi kader lain. Punya prinsip, sikap dan komitmen terhadap PDIP. Jadi kader PDIP harus punya prinsip, sikap dan komitmen, yaitu bagaimana bisa mensejahterakan rakyat. Itu lah yang beliau lakukan,” urai dia.

Karena keteguhan prinsip dan komitmennya tersebut Putut selalu dipercaya memimpin tim pemenangan DPC PDIP Solo dalam beberapa pemilu. Ketika memegang prinsipnya, tak seorang pun dapat mempengaruhi Putut Gunawan.

Pelajaran penting dari sosok Putut yang sangat diapresiasi Rudy yaitu semangat pengabdian biarpun sedang dalam kondisi kesehatan menurun terus. “Beliau tetap jalankan tugas sebagai wakil rakyat. Harus jadi teladan semua kader,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kurniawan
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper