Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Adisutjipto Kembali Mengoperasikan Terminal A

Seluruh operasional di Bandara Adisutjipto akan terpusat di Terminal A dan Terminal B akan dinonaktifkan.
Herlambang Jati Kusumo
Herlambang Jati Kusumo - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  10:26 WIB
Bandara Adisutjipto Kembali Mengoperasikan Terminal A
Petugas PT Angkasa Pura I (Persero) menyemprotkan cairan disinfektan dan membersihkan sejumlah fasilitas di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Sleman, Jumat (13/03/2020). - JIBI/Desi Suryanto

Bisnis.com, JOGJA — Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali mengoperasionalkan Terminal A bandara untuk keberangkatan penumpang. Perpindahan tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap penumpang di Bandara.

“Mulai tanggal 1 Februari 2022, alur keberangkatan yang sebelumnya menggunakan Terminal B kami kembalikan ke Terminal A. Sehingga seluruh operasional di Bandara Adisutjipto akan terpusat di Terminal A dan Terminal B akan dinonaktifkan,” ujar General Manager Bandar Udara Adisutjipto, Pandu Purnama dalam rilis yang diterima JIBI, Selasa (1/2/2022).

Perpindahan kembali keberangkatan ke Terminal A dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

Dengan area yang lebih luas dan kapasitas ruang tunggu yang lebih besar, Terminal A tentunya lebih nyaman bagi para pengguna jasa di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Sejak awal 2020, Bandara Adisutjipto Yogyakarta memindahkan alur keberangkatan ke Terminal Internasional atau Terminal B.

Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan beban operasional bandara pada masa pandemi. Terminal A yang sudah tidak operasional, kemudian dimanfaatkan untuk menjadi area publik dan UMKM yang bernama TILAS atau Titik Lawas Adisutjipto.

Pemanfaatan Terminal A sebagai terminal keberangkatan dilakukan sebagai langkah cost leadership karena selama masa pandemi Bandara Adisutjipto hanya melayani 12 pergerakan pesawat, 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Halim, dan 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Surabaya.

Namun, pada akhir November 2021 bandara mulai melayani rute baru menuju Denpasar dan Bandung sehingga rata-rata pergerakan per hari mencapai 20 pergerakan.

“Oleh karena itu, dengan kembali beroperasinya Terminal A kami harap dapat mengakomodir kenaikan permintaan perjalanan udara. Beroperasinya Terminal A kami harap juga dapat meningkatkan pengunjung TILAS Adisutjipto,” ucap Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta diy bandara adisutjipto bandara yogyakarta

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top