Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

30 Rumah di Kabupaten Semarang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Puluhan rumah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dilaporkan rusak setelah diterjang angin puting beliung.
Ilustrasi angin puting beliung
Ilustrasi angin puting beliung

Bisnis.com, SEMARANG - Puluhan rumah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah rusak setelah diterjang angin puting beliung.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan kejadian itu terjadi pada Selasa (8/3/2022) sore.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, angin kencang tersebut melanda Desa Polobogo dan Desa Sumogawe di Kecamatan Getasan pukul 15.30 WIB.

Merujuk pada laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, kata dia, hingga Rabu (9/3/2022), tercatat 33 kepala keluarga terdampak angin puting beliung dan sebanyak 30 unit rumah mengalami kerusakan.

"Meskipun berdampak pada rumah warga, tidak ada warga yang dilaporkan menjadi korban maupun mengungsi," katanya dalam keterangan resmi.

Pascakejadian BPBD Kabupaten Semarang bersama TNI/Polri dan aparat setempat dibantu relawan, melakukan pembersihan sisa material seperti pohon tumbang dan rumah warga yang rusak. Selain itu warga terdampak mendapatkan bantuan logistik yang didistribusikan oleh BPBD setempat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Semarang, Pegunungan Tengah, Jawa Tengah bagian Timur dan Solo Raya pada Kamis (10/3) dan Jumat (11/3).

Untuk mengurangi dampak yang terjadi akibat peristiwa angin puting beliung, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dengan menghindar dari bangunan dan pohon yang rapuh serta menghindari berlindung didekat papan reklame.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper