Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Jalur Rawan Macet di Solo saat Arus Mudik-Balik Lebaran

Sebisa mungkin, hindari jalur-jalur di Solo berikut ini jika tidak ingin terjebak dalam kemacetan saat momen libur Lebaran.
Kurniawan
Kurniawan - Bisnis.com 26 April 2022  |  09:58 WIB
Kota Solo. - surakarta.go.id
Kota Solo. - surakarta.go.id

Bisnis.com, SOLO — Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, terdapat sejumlah jalur rawan macet di Kota Solo saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

“Ada berapa titik kemacetan, mulai dari sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Jalan Tanjung Anom arah Sukoharjo, Jalan Gatot Subroto kawasan Matahari Singosaren, Jalan dr. Radjiman, dan Simpang Joglo,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, untuk mengantisipasi macet parah di jalur rawan itu, jajaran Satlantas Solo pun akan mengerahkan Tim Pengurai Kemacetan.

Nantinya, ada lima tim yang dikerahkan dengan beranggotakan delapan personel per timnya. Tim tersebut akan terus berkeliling memantau jalur-jalur yang rawan terjadi kemacetan.

“Bila terjadi kepadatan lebih dari setengah jam atau kepadatan sampai satu kilometer akan diuraikan oleh tim pengurai,” ucapnya.

Sementara itu, Adhytia memprediksi peningkatan volume dan arus kendaraan di ruas-ruas jalan Solo terjadi pada H+2 Lebaran. Pada hari, biasanya masyarakat akan berjalan-jalan atau mendatangi pusat-pusat perbelanjaan maupun tempat wisata.

“Belajar dari sebelumnya, Solo ini kota wisata. Jadi kami melihatnya mungkin malah setelah habis Lebaran, bukan sebelum Lebaran. Jadi orang akan berkunjung ke tempat makan atau wisata melihat-lihat Solo,” ujar Adhytia.

Di sisi lain, Polresta Solo telah mendirikan lima pos pengamanan di Simpang Faroka, Gapura Makutho, Simpang Joglo, Jurug, dan Banyuanyar. Ada juga Pos Pelayanan di kawasan Pasar Klewer dan Pos Terpadu di Benteng Vastenburg.

Sementara itu, sebelumnya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo juga memetakan bahwa jalan di sekitar kawasan mal dan pusat perbelanjaan di Solo sebagai jalur rawan macet.

Untuk menghindari terjadi kemacetan di lokasi itu, Dishub melarang pengunjung yang keluar dari mal untuk menyeberang atau mengarahkan kendaraan ke kanan sehingga terjadi crossing.

Untuk itu, pengunjung yang hendak keluar mal semua akan diarahkan ke Simpang Faroka dan yang hendak menuju arah timur (flyover Purwosari).

-----

Berita ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Hindari Jalur Ini di Solo, Rawan Macet Saat Arus Mudik - Balik Lebaran"

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

macet Mudik Lebaran lebaran jalur mudik

Sumber : JIBI/Solopos.com

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top