Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecamatan Terkecil Kota Semarang Hanya 5,17 Km

Semarang Tengah sebagai kecamatan keempat terpadat di Kota Semarang di bawah Semarang Timur, Candisari, dan Gayamsari.
Imam Yuda Saputra
Imam Yuda Saputra - Bisnis.com 25 Juni 2022  |  21:41 WIB
Kecamatan Terkecil Kota Semarang Hanya 5,17 Km
Pedagang kaki lima di kawasan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (1/1/2021). - Antara/Aji Styawan.\\r\\n

Bisnis.com, SEMARANG — Kota Semarang di Jawa Tengah (Jateng) terbagi dalam 16 kecamatan. Dari 16 kecamatan itu, manakah kecamatan terkecil di Kota Semarang?

Mengutip buku Kota Semarang Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, kecamatan terkecil di ibu kota Jawa Tengah (Jateng) itu berada di Kecamatan Semarang Tengah.

Semarang Tengah menjadi kecamatan terkecil di Kota Semarang dengan luas hanya sekitar 5,17 km persegi, atau sekitar 1,38 persen dari total luas Kota Semarang yang mencapai 373,78 km persegi. Luas wilayah Semarang Tengah ini pun kalah jauh jika dibandingan dengan Gunungpati, yang menjadi kecamatan terluas di Kota Semarang. Gunungpati memiliki luas wilayah mencapai 58,27 km persegi atau sekitar 15,59 persen total wilayah Kota Semarang.

Kendati demikian, Semarang Tengah terbilang salah satu kecamatan terpadat di Kota Semarang. Dengan luas 5,17 km persegi, Semarang Tengah memiliki jumlah penduduk mencapai 54.696 jiwa.

Dengan demikian, setiap 1 km persegi wilayah Kecamatan Semarang Tengah terdapat sekitar 10.572 penduduk. Hal ini pun menjadi Semarang Tengah sebagai kecamatan keempat terpadat di Kota Semarang di bawah Semarang Timur, Candisari, dan Gayamsari.

Selain itu, Semarang Tengah juga terletak di tengah atau pusat kota. Sejumlah kantor pemerintahan Kota Semarang pun berdiri di kecamatan tersebut, salah satunya adalah Balai Kota Semarang.

Kecamatan terkecil di Kota Semarang ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata favorit seperti Museum Lawang Sewu, Masjid Agung Semarang, hingga Simpang Lima Semarang.

Kecamatan Semarang terdiri dari 15 kelurahan yakni Bangunharjo, Brumbungan, Gabahan, Jagalan, Karangkidul, Kauman, Kembangsari, Kranggan dan Miroto. Kemudian Pandansari, Pekunden, Pendrikan Kidul, Pendrikan Lor, Purwodinatan, dan Sekayu.

Di wilayah kecamatan terkecil di Kota Semarang ini juga berdiri sejumlah pusat perbelanjaan seperti Mal Paragon, Ciputa Mall, Citraland Mall, DP Mall, dan Tentrem Mall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top