Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SASS Autoparts, Pasok Onderdil dari Karanganyar Hingga Oman

Hingga saat ini SASS telah menerima pesanan Original Equipment Manufacturer (OEM) dari 33 mitra pabrikan besar.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  23:14 WIB
SASS Autoparts, Pasok Onderdil dari Karanganyar Hingga Oman
David Winarno, Marketing Department Head SASS, mendampingi Tim Jelajah Investasi Kendaraan Listrik Jawa Tengah 2022 untuk melihat fasilitas pabrik. - Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Bagikan

Bisnis.com, TEGAL - PT Sinar Agung Selalu Sukses (SASS) Autoparts menjadi salah satu pabrikan komponen otomotif terkemuka dari Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Meskipun baru membuka pabrik pada 1995 lalu, namun Hidajat Tjokrosusanto dan enam orang karyawannya sudah lebih dulu merintis usaha itu sejak 1973.

SASS bermula dari toko onderdil yang bernama Toko Sinar Agung, lokasinya berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Kauman Pasar Kliwon, Kota Surakarta, dan masih beroperasi hingga hari ini.

"Sebelumnya kita juga sudah buat di Kartasura, tapi skalanya masih home industry. Terus bergulir hingga 1995 kita buat pabrik di sini. Tahun 1998 itu kita sudah mulai masuk ke Original Equipment Manufacturer (OEM)," jelas David Winarno, Marketing Department Head SASS, dikutip Rabu (31/8/2022).

David menjelaskan bahwa hingga hari ini SASS telah menerima pesanan OEM dari 33 mitra.

"Yang banyak orang tahu itu Astra, Hino, Mitsubishi. Toyota kita mendapat second tier. Jadi produksi mobil di sini, di Indonesia, produk kita rata-rata 80 persen bisa masuk," jelasnya kepada Bisnis.

SASS sendiri punya pabrik seluas 14 hektare dengan 21 plant. Beberapa onderdil yang bisa diproduksi antara lain tromol, nat roda, bracket spring, karet, body parts, stoplamp, dongkrak, hingga komponen permesinan.

Ada 790-an karyawan yang berhasil dipekerjakan SASS, kebanyakan berasal dari daerah-daerah sekitaran pabrik.

"Bahan baku kita semuanya lokal. Jadi material itu kita sudah punya supplier sendiri. Termasuk karet dan besi, ketersediaan aman. Misal besi scrap itu kita sudah punya delapan penyedia. Sehari saja kita butuh 10 ton besi scrap," jelas David.

Hingga hari ini, SASS memproduksi lebih dari 1.000 jenis onderdil kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Selain pesanan OEM dari pabrikan besar, SASS juga menjual produk-produk aftermarket-nya ke penjuru Tanah Air, bahkan hingga ke mancanegara.

"Untuk ekspor kita sudah ke Filipina sama Malaysia. Saat ini juga sedang negosiasi ke Oman. Itu klien baru kita. Pertengahan September ini juga kita mau bertemu dengan perwakilan kita di Thailand," jelas David.

Liputan ini merupakan bagian dari program Jelajah Investasi Kendaraan Listrik Jawa Tengah 2022. Jelajah Investasi Kendaraan Listrik Jawa Tengah diselenggarakan atas dukungan para sponsor yakni PT PLN Persero, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Tengah, dan Hyundai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Investasi Kendaraan Listrik industri jawa tengah
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top