Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grand Candi Hotel Semarang Lestarikan Budaya Lewat Pasar Senggol

Pasar Senggol menghadirkan lomba yang sarat kebudayaan seperti Tari Kreasi Tradisional, Mewarnai Batik Motif Semarangan, serta story telling Cerita Rakyat.
Pasar Senggol Grand Candi Hotel Semarang. /Foto: Istimewa
Pasar Senggol Grand Candi Hotel Semarang. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Festival Kebudayaan dan Rekreasi Keluarga, Pasar Senggol Grand Candi Hotel, kembali digelar dalam rangka meramaikan rangkaian HUT Semarang ke-476. Agenda rutin bulanan yang diprakarsai oleh hotel bintang 5 yang berada di Jalan Sisingamangaraja tersebut dimeriahkan oleh berbagai aktivitas keluarga dan lomba anak-anak. 

Dalam acara Pasar Senggol yang digelar pada Minggu (21/5/2023), Grand Candi Hotel Semarang berkolaborasi dengan BrainSkill EO dan didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. 

Pasar Senggol menghadirkan berbagai lomba-lomba anak yang sarat kebudayaan seperti Tari Kreasi Tradisional, Mewarnai Batik Motif Semarangan, serta story telling Cerita Rakyat Nusantara. Ada juga lomba edukasi cerdas cermat untuk anak-anak dan lomba mata pelajaran. 

Immanuel Teja Kumala, Public Relations Grand Candi Hotel Semarang, mengatakan bahwa penyelenggaraan Pasar Senggol adalah salah satu upaya melestarikan kebudayaan Semarang, yang dikemas lewat acara yang menyenangkan. Melalui lomba dan pentas seni, anak-anak akan turut mengenal keunikan dari budaya kota Semarang.

Sebagai contoh lomba mewarnai batik Semarang kategori TK-SD. Pada usia dini, anak-anak akan diperkenalkan dengan batik Semarang yang memiliki ciri adanya motif Tugu Muda atau motif Warak Ngendok. Dari situ anak-anak akan bisa mengidentifikasi perbedaan batik Semarang dengan batik lainnya. 

Immanuel Teja berharap, ke depannya Pasar Senggol berpeluang membawakan lebih banyak konten acara seni dan kebudayaan yang lebih edukatif seperti fashion show kebaya anak, lomba gamelan gambang semarang hingga pagelaran simulasi manten Semarangan. “Sehingga, dengan adanya Pasar Senggol kita menjadi lebih kaya wawasan budaya kita sendiri serta membangkitkan passion anak-anak terhadap kesenian lokal,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (22/5/2023). 

Pasar Senggol turut menggandeng berbagai pihak untuk mensukseskan acara ini. Salah satunya adalah Bazaar Buku yang dibawakan oleh Gramedia. Terlihat pula ada sebanyak 15 UMKM hadir meramaikan area khusus kuliner di Pasar Senggol Grand Candi Hotel Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : press release
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper