Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Sinar Mas Bangun Pabrik Panel Surya di Kendal

Dengan nilai investasi US$100 juta, pabrik panel surya tersebut diharapkan mampu memenuhi target produksi awal sebesar 1 gigawatt peak per tahun.
Peletakan batu pertama di fasilitas milik PT Trina Mas Agra Indonesia pada Senin (28/8/2023) di Kabupaten Kendal./Istimewa-Kawasan Industri Kendal.
Peletakan batu pertama di fasilitas milik PT Trina Mas Agra Indonesia pada Senin (28/8/2023) di Kabupaten Kendal./Istimewa-Kawasan Industri Kendal.

Bisnis.com, SEMARANG - Grup Sinar Mas melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) menggandeng PT Agra Surya Energi dan Trina Solar buat mengembangkan pabrik sel dan modul surya terintegrasi di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Di bawah perusahaan bernama PT Trina Mas Agra Indonesia, nilai investasi pabrik anyar itu diklaim mencapai lebih dari US$100 juta.

"Tujuan utama pembangunan pabrik adalah utnuk mendukung program peningkatan bauran Energi Baru Tebarukan (EBT) dan PT PLN (Persero) melalui penyediaan sel surya dan panel surya produksi dalam negeri," jelas Lokita Prasetya, Wakil Presiden Direktur DSSA, pada Senin (28/8/2023) di Kabupaten Kendal.

Nantinya, produk berupa sel dan panel surya yang dibuat di Kabupaten Kendal itu bakal memenuhi standar yang telah ditetapkan. Lokita berharap, dengan masuknya investasi tersebut, rantai produksi panel surya dalam negeri bisa semakin menguat.

Pabrik tersebut ditargetkan bakal mulai beroperasi pada Kuartal II dan III/2024. Pada tahap awal operasional, kapasitas produksi ditarget di angka satu gigawatt peak per tahun. Adapun dalam 2-3 tahun setelahnya, kapasitas produksi diharapkan bisa memenuhi target hingga tiga gigawatt peak per tahun.  

Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas, menyebut kehadiran fasilitas produksi sel dan panel surya tersebut merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendorong percepatan transisi energi hijau. "Karena meluasnya pemanfaatan energi surya akan memberikan nilai tambah tak hanya bagi kami, namun juga para penggunanya baik dari lingkup sektor industri maupun residensial, serta tentunya lingkungan hidup kita," jelasnya.

Sebagai informasi, DSSA merupakan anak usaha Grup Sinar Mas yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan pembangkitan listrik. Perusahaan tersebut punya empat unit captive power plant atau Pembangkit terintegrasi yang berlokasi di Serang, Tangerang, dan Karawang. Keempat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) tersebut punya kapasitas 300 MW.

Selain Pembangkit Terintegrasi, DSSA juga punya tiga unit pembangkit Independent Power Producer (IPP) yang dikelola oleh PT Datang DSSP Power Indonesia. Ketiga unit tersebut punya kapasitas 600MW dan berlokasi di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi.

Trina Solar sendiri merupakan produsen Photovoltaics (PV) yang terdaftar sebagai salah satu Tier 1 AAA Bankable Solar Panel oleh Bloomberg New Energy Finance (BNEF). Hingga April 2022, perusahaan tersebut telah memproduksi modul PV hingga 100GW ke seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper