Allstay Ecotel Yogyakarta Bantu Kembangkan UMKM Lokal

Allstay Ecotel Yogyakarta telah mengambil inisiatif penting untuk mendukung UMKM di Yogyakarta dengan melakukan kerjasama yang positif.
Foto: Allstay Ecotel Yogyakarta Bantu Kembangkan UMKM Lokal
Foto: Allstay Ecotel Yogyakarta Bantu Kembangkan UMKM Lokal

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Allstay Ecotel Yogyakarta telah mengambil inisiatif penting untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Yogyakarta dengan melakukan kerjasama yang positif. Kemitraan yang telah berjalan sejak 25 Juli 2023 ini melibatkan tiga brand UMKM lokal, yakni Mama Narti, Bu Mantri, dan Bu Endang, yang masing-masing bergerak dalam bidang produksi cemilan, jamu, dan wedang uwuh berkualitas.

Inisiatif ini bertujuan untuk membantu mengembangkan, memasarkan, dan menjual produk-produk UMKM di wilayah Yogyakarta. Selain itu, program ini juga memberikan dampak positif pada kinerja keuangan Allstay Ecotel Yogyakarta.

Pada bulan September 2023, pendapatan hotel mencapai 75,6% dari target pendapatan bulan September 2023 dan mengalami peningkatan sebesar 152% dibandingkan dengan pendapatan bulan September 2022. Hal ini tentunya juga disebabkan oleh produk-produk UMKM lokal yang berhasil diperkenalkan dan dipasarkan melalui kerjasama ini.

Kerjasama yang telah berjalan dengan baik ini dimulai atas saran Bapak Momog Irnawan, Direktur Utama Kota Satu Properti Tbk, yang menginginkan Allstay Ecotel Yogyakarta turut serta dalam pengembangan mitra UMKM. Tiga brand UMKM lokal, Mama Narti, Bu Mantri, dan Bu Endang, kini memiliki area display eksklusif di lobby Allstay Ecotel Yogyakarta.

Dampak positif dan keuntungan dari kerjasama ini sangat terasa, terutama dengan produk-produk seperti cemilan dan minuman tradisional Wedang Uwuh yang mendominasi minat tamu, terutama dari wisatawan luar Jogja yang mencari oleh-oleh istimewa. Hingga saat ini, kerjasama ini terus berjalan sukses terutama penjualan produk UMKM, khususnya cemilan dan Wedang Uwuh yang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini mempermudah pilihan utama bagi para wisatawan yang ini membawa pulang oleh-oleh khas daerah.

Selain mendukung UMKM, Allstay Ecotel Yogyakarta juga menjalin kerjasama dengan Gallery Kabul Lukisan untuk menyelenggarakan kelas kursus batik bagi para tamu hotel. Kursus ini dimulai sejak tanggal 1 September 2023 dan dikenakan biaya sebesar 75 ribu rupiah per orang. Selain belajar seni tradisional Indonesia, para peserta kursus bisa membawa pulang hasil karya mereka sebagai kenang-kenangan. Allstay Ecotel Yogyakarta bahkan menyediakan fasilitas pengantaran gratis ke Gallery Kabul Lukisan, sebagai bentuk kenyamanan bagi tamu.

Dari beberapa kerjasama yang dilakukan diatas, pencapaian pendapatan Allstay Ecotel Yogyakarta sampai dengan September 2023 ini juga patut di apresiasi yaitu sebesar Rp4,08 Miliar. Pencapaian Year to Date (YTD) 2023 ini mencapai 82,5% dari target YTD September 2023 yaitu sebesar Rp 4,9 Miliar.

Kerjasama yang telah berjalan baik ini bukan hanya mendukung para pelaku UMKM tetapi juga menjadi salah satu cara hotel berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat kecil di sekitarnya dan menciptakan hubungan yang positif antara industri pariwisata dan komunitas setempat di Yogyakarta. Allstay Ecotel Yogyakarta menjadi salah satu contoh nyata bagaimana hotel dapat menjadi motor penggerak positif bagi komunitas sekitarnya sambil memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para tamu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper