Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dadang Somantri Dilantik Jadi Pj Wali Kota Tegal Gantikan Dedy Yon

Mantan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri, resmi dilantik menjadi Pj. Wali Kota Tegal.
Dadang Somantri, Mantan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, dilantik menjadi Pj. Wali Kota Tegal pada Senin (25/3/2024)./Bisnis-Vatrischa Putri Nur Sutrisno.
Dadang Somantri, Mantan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, dilantik menjadi Pj. Wali Kota Tegal pada Senin (25/3/2024)./Bisnis-Vatrischa Putri Nur Sutrisno.

Bisnis.com, SEMARANG - Mantan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Jawa Tengah Dadang Somantri resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal hari ini, Senin (25/3/2024).

Dadang dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 100.2.1.3-641 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah.

Dalam upacara pelantikan ini, Nana menyebutkan bahwa Dadang Somantri akan menggantikan posisi Dedy Yon Supriyono, Wali Kota Tegal sebelumnya yang pada tanggal 23 Maret 2024 lalu telah genap lima tahun mengemban tugas.

“Baru saja saya laksanakan pelantikan dan serah terima jabatan, beliau Wali Kota Tegal yang sudah habis masa jabatannya lima tahun [Dedy Yon Supriyono], lalu diganti oleh Penjabat Wali Kota Tegal Dadang Somantri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi,” jelas Nana di Kantor Gubernur Jawa Tengah pada Senin (25/3/2024).

Setelah dibacakannya Keputusan Menteri Dalam Negeri, Dadang kemudian dipersilakan maju ke depan untuk disumpah dan kemudian melakukan penandatanganan pakta integritas. Dalam kesempatan yang sama, isteri Dadang, Dwi Karyanti, juga dilantik menjadi Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal.

Dwi dilantik langsung oleh Shinta Nana Sudjana selaku Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah.Dalam sambutannya, Nana memberikan beberapa PR untuk Dadang selaku Pj Wali Kota Tegal baru sebagai indikator dalam memajukan Kota Tegal. Dia menginstruksikan Wali Kota baru untuk terus meningkatkan prestasi Wali Kota sebelumnya, mempertahankan kolaborasi yang baik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga tokoh masyarakat.

“Penjabat yang baru harus mampu mempertahankan dan malah kita tantang untuk meningkatkan kinerja Kota Madya Tegal. Jadi yang sudah ada ini ditingkatkan. Minimal yang pertama membuat kolaborasi sinergi dengan  Forkopimda dan tentunya dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan anak buahnya,” terangnya.

Terakhir, Nana juga berharap agar Wali Kota baru bisa terus bersiaga di kondisi cuaca ekstrem seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir, serta berancang-ancang menyiapkan arus mudik dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan beberapa waktu lagi.

“Kemudian kita harapkan ke depan ini di samping cuaca ekstrem, kedua kita akan mengikuti Pilkada dan juga dalam waktu dekat ini kita akan mempersiapkan arus mudik, arus balik, terkait pelaksanaan hari raya idul fitri, Kota Tegal itu titik bertemunya arus mudik dari Pemalang, Tegal, dan Brebes. Jadi ini kan masuk daerah Pantura, pasti ramai. Itu merupakan tantangan,” tambahnya.[Bisnis-Vatrischa Putri Nur Sutrisno]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper