Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tegal Himpun Investasi Dalam Negeri Rp7,6 Triliun

Layanan secara daring juga dioptimalkan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan selama pandemi ini.
Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Muhammad Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 04 November 2020  |  15:31 WIB
Kapal nelayan bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - Antara/Oky Lukmansyah
Kapal nelayan bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, TEGAL – Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Tegal mencapai angka Rp7,6 triliun sepanjang Kuartal I – III 2020.

Fakihurrohim, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tegal, mengungkapkan kemudahan pelayanan perizinan menjadi salah satu keunggulan Kabupaten Tegal. Tak hanya memberikan kemudahan layanan langsung, layanan secara daring juga dioptimalkan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan selama pandemi ini.

“Karena semakin mudah dalam rangka peningkatan melakukan perizinan, sehingga banyak warga masyarakat yang berduyun-duyun untuk memeroleh perizinan dengan mudah,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (4/11/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa secara umum, proyek pembangunan di bidang perumahan, perhubungan, dan pengolahan sumber daya air menjadi sektor usaha utama dalam meningkatkan realisasi PMDN di Kabupaten Tegal.

Dengan angka PMDN tersebut, Kabupaten Tegal menjadi daerah dengan nilai realisasi investasi PMDN tertinggi se-Jawa Tengah pada Kuartal I – III 2020. Walaupun dari jumlah proyek yang dikerjakan, Kabupaten Tegal masih lebih rendah dengan wilayah lain.

Kota Semarang mampu mengerjakan hingga 1.277 proyek di periode tersebut. Atau di wilayah tetangga, Kabupaten Brebes dengan 82 proyek investasi PMDN. Meskipun demikian, 69 proyek PMDN di Kabupaten Tegal mampu menyerap cukup banyak tenaga kerja dalam negeri. Selama Kuartal I – III 2020 ini, Kabupaten Tegal mampu menyerap 2.490 TKI dalam pengerjaan 69 proyek PMDN.

Tren yang cukup baik ini diharapkan dapat terus berlanjut hingga akhir 2020 ini. “Kalau ke depannya, akhir tahun 2020 kita upayakan untuk tetap bertahan. Kita tetap maksimalkan kemudahan perizinan [juga] berusaha memudahkan investor [untuk] masuk baik PMDN atau PMA,” pungkas Fakihurrohim.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi jateng tegal
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top