Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 Pelayan Publik Sektor Perbankan di DIY Sudah Divaksin Covid-19

Selain menjamin kesehatan pelayan publik, vaksinasi diharapkan mampu berdampak pada percepatan pemulihan ekonomi di DIY.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 100 orang pimpinan dan wakil pimpinan perbankan DIY telah menerima vaksin Covid-19 pada Minggu (21/3/2021). Bertempat di halaman Kantor Bank Indonesia, Gondomanan, Kota Yogyakarta, program vaksinasi ini diinisiasi oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) DIY bersama Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi DIY.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, dalam sambutannya mengungkapkan vaksinasi upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Yogyakarta. “Namun demikian, meski sudah divaksinasi, pelaksanaan protokol kesehatan juga tidak boleh diabaikan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Pelaksanaan vaksinasi secara terbatas ini dinilai cukup efektif karena lebih tepat sasaran. Penggunaan fasilitas yang ada di gedung atau kantor lembaga pelaksana vaksinasi tersebut juga dinilai lebih efisien. “Kita bisa teruskan, tidak terlalu massal, sedikit namun terus menerus, harapannya bisa merata dan urut,” tambah Aji.

Aji menilai bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan salah satu upaya yang baik untuk menjaga kesehatan pengambil kebijakan perbankan demi perekonomian yang lebih baik. Meskipun demikian, ia juga menyatakan bahwa program vaksinasi di DIY masih akan terus berlangsung secara merata.

“Kita tidak pilih-piilih, semuanya yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat harus dibantu untuk divaksinasi,” tegasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Hilman Tisnawan, menyatakan bahwa program vaksinasi tersebut merupakan salah satu usaha percepatan pemulihan ekonomi di Yogyakarta. “Pemulihan ekonomi ini tidak hanya masyarakatnya saja, namun pelaku-pelakunya juga penting. Teman-teman perbankan yang ada di garis depan sebagai pelayanan terdepan di sektor publik juga perlu [divaksinasi],” jelasnya.

Program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Daerah DIY masih terus berlangsung. Menurut Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembajun Setyaningastutie, per Rabu (17/3/2021), sebanyak 663.902 masyarakat DIY telah divaksinasi.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari jumlah kelompok tahap pertama hingga yang saat ini tengah berlangsung. Rinciannya, total tenaga kesehatan penerima vaksinasi dosis pertama mencapai 44.251 orang, untuk dosis kedua sebanyak 37.335 orang. Lalu total pelayan publik penerima vaksin dosis pertama mencapai 89.157 orang dan dosis kedua sebanyak 29.793 orang,” jelasnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper