Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salatiga Dicanangkan Menjadi Kota Vanili

Selain cuaca Salatiga yang cocok, harga vanili di pasaran juga sedang bagus bahkan ekspor ke negara lain juga bagus.
Petani merawat tanaman vanili./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Petani merawat tanaman vanili./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SALATIGA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili.

Menurutnya, itu sesuai dengan pengalaman Salatiga yang berkali-kali menjadi kota toleran juga kota kreatif dalam mengolah bahan pangan menjadi produk yang variatif.

"Ada banyak hal yang membuat kita mau ke kota ini. Salatiga ini berkali-kali memang menjadi kota toleran. Jadi tepat kalau dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar. Kita harus bisa memberikan contoh baik terkait toleransi, termasuk narasi-narasi dengan budaya," katanya saat memberikan sambutan dalam acara pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (31/3/2021).

Terkait pencanangan sebagai Kota Vanili, Ganjar menilai pilihan tanaman vanili untuk dikembangkan sangat tepat. Apalagi dengan program satu rumah 10 pohon. Selain cuaca Salatiga yang cocok, harga vanili di pasaran juga sedang bagus bahkan ekspor ke negara lain juga bagus.

"Bicara Kota vanili tidak berhenti dalam arti menanam, itu saja tidak cukup. Harapan kami nanti ada hilirisasi sampai ke tingkat processing bahkan fermentasi sehingga harga jual bisa berlipat. Di sini punya pengalaman untuk processing seperti mengolah bahan singkong menjadi produk dengan banyak varian," katanya.

Ganjar menambahkan Pemprov Jawa Tengah juga akan menyiapkan supporting system seperti memfasilitasi pelatihan dan pendampingan.

"Umpama diberikan pelatihan dan cara mendesain. Kami juga siapkan pendampingan bagaimana cara berdagang. Lalu yang paling penting adalah soal integritas karena terkait vanili ini kita sudah punya pengalaman soal integritas," ungkapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, pemilihan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar karena kota di lereng Merbabu tersebut belum lama ini dinobatkan sebagai kota paling toleran. Bahkan dalam perjalanannya, beberapa kali menempati tiga besar kota paling toleran di Indonesia.

"Kota ini luar biasa tolerannya. Ini sangat penting sebagai contoh dalam menjaga apa yang sudah disusun oleh pendiri bangsa," katanya.

Berdasarkan data yang ada, Indonesia merupakan negara kedua pemasok vanili terbesar di dunia. Vanili Indonesia telah memasok 30 persen kebutuhan vanili dunia.

"Vanili merupakan salah satu unggulan di antara banyaknya tanaman pangan unggulan di Indonesia," ungkap Bamsoet.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menambahkan Kota Salatiga merupakan pilar dari segala pilar di Indonesia. Hal itu dilihat dari bagaimana toleransi di kota tersebut sangat dijunjung tinggi. Begitu juga dengan kreativitas dalam hal pertanian.

"Pendekatan toleransi di sini bagus sehingga kotanya damai dalam keberagaman. Soal vanili harus dikembangkan lagi seperti membenahi kelembagaan, konsepsi yang benar, dan ujungnya adalah pengelompokan dan adanya pabrik-pabrik kecil," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper