Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agenda Pariwisata Jateng Bakal Diselenggarakan Secara Berbeda

Calendar of Events 2021 di Jawa Tengah bakal didominasi oleh acara yang diselenggarakan secara hybrid. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi.
Ilustrasi.Antara-Anis Efizudin
Ilustrasi.Antara-Anis Efizudin

Bisnis.com, SEMARANG – Calender of Events Jawa Tengah 2021 resmi diluncurkan pada Rabu (7/4/2021) lalu. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengungkapkan bahwa kalender agenda pariwisata tahunan ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Agak sedikit berbeda, tidak seperti sebelum pandemi. [Penyelenggaraan agenda wisata secara] hybrid adalah solusi terbaik,” jelas Ganjar dalam keterangan resminya.

Meskipun penyelenggaraan agenda wisata secara hybrid tidak akan semaksimal penyelenggaraan konvensional, Ganjar menilai bahwa cara tersebut adalah yang paling optimal untuk diselenggarakan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Hybrid ini pernah kita terapkan di Borobudur Marathon, ada yang lari elit marathon ada yang lari cara virtual. Sama juga Tour de Borobudur, kita preteli menjadi tim kecil-kecil, 22 kali kita laksanakan,” jelas Ganjar memberi contoh.

Sinoeng Nugroho Rachmadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan berbagai penyesuaian untuk merespon kondisi pandemi.

Tadi Pak Gubernur telah menyampaikan tanggal dan bulan, kita berikan durasi, dan pelaksanaannya mencermati kondisi pandemi dan sesuaikan situasi yang ada,” jelasnya.

Dalam Calendar of Events Jawa Tengah 2021, di bulan April saja, setidaknya ada 21 agenda pariwisata yang bakal berlangsung. Seperti acara Solo Menari yang bakal diselenggarakan pada tanggal 11 April 2021 di Stadion Sriwedari, Solo. Agenda pariwisata tersebut bertujuan untuk melestarikan seni budaya jawa lewat karya seni tari. Selain itu, agenda tersebut juga diselenggarakan untuk memperingati hari tari dunia.

Jelang bulan Ramadan, beberapa acara tradisi juga telah disiapkan. Seperti tradisi Padusan di Kecamatan Pengging dan Tlatar, Boyolali. Acara yang bakal berlangsung pada 11-12 April 2021 tersebut dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar sebagai sarana menyucikan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Agenda serupa juga bakal dilaksanakan di Kudus. Tradisi Dhandangan rencananya bakal diselenggarakan pada 12 April 2021 di Dusun Demaan. Masyarakat sekitar berkumpul di Masjid Menara Kudus untuk mendengarkan pengumuman dan suara bedug yang menandakan dimulainya ibadah puasa pada keesokan harinya.

Calendar of Events Jawa Tengah 2021 tak hanya memamerkan berbagai seni pertunjukan dan tradisi. Berbagai acara kekinian juga telah disiapkan. Seperti Kabupaten Semarang Expo yang rencananya bakal dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Ungaran. Juga Semarang great sale yang memberikan diskon besar-besaran selama satu bulan penuh demi menggairahkan perekonomian di Kota Semarang, khususnya di sektor pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper