Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Jateng Menyiapkan Rp22,1 Triliun Menjelang Lebaran 2021

Tahun ini masyarakat bisa menukarkan uang spesial HUT RI ke 75 yaitu uang pecahan Rp75.000 Setiap satu KTP bisa menukarkan hingga 100 lembar.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah telah menyediakan uang tunai sebesar Rp22,10 triliun untuk melayani penukaran uang menjelang hari raya Idulfitri tahun ini. Adapun, penukaran bisa dilakukan mulai 12 April sampai 11 Mei 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan, ketersediaan uang tunai jelang Idulfitri sebesar Rp22,1 triliun di tahun 2021, naik dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya Rp15,56 triliun.

"Masyarakat Jawa Tengah dapat melakukan penukaran uang di Kantor Bank Indonesia dan 56 bank yang telah bekerjasama yang tersebar di 114 titik seluruh Jawa Tengah," kata Pribadi, Rabu (21/4/2021).

Terkait teknis penukaran uang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menurut Pribadi, saat ini setiap bank sudah siap melakukan penukaran uang.

"Penukaran itu sudah bisa dilakukan dan teman perbankan juga sudah siap. Silakan masyarakat bisa datang ke Bank. Tidak harus ke BI. Diharapkan dengan sangat masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan transaksinya," imbuhnya.

Dia mengatakan, tahun ini masyarakat bisa menukarkan uang spesial HUT RI ke 75 yaitu uang pecahan Rp75.000 Setiap satu KTP bisa menukarkan hingga 100 lembar.

"Termasuk juga, uang pecahan Rp75.000 itu bisa didapatkan. Satu KTP seratus lembar. Dan bisa digunakan untuk transaksi jual beli," katanya.

Sebagai informasi, secara Nasional, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp152,14 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia menjelang Hari Raya Idulfitri 2021 atau mengalami peningkatan sebesar Rp42,94 triliun. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper