Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Jateng Menyiapkan Rp22,1 Triliun Menjelang Lebaran 2021

Tahun ini masyarakat bisa menukarkan uang spesial HUT RI ke 75 yaitu uang pecahan Rp75.000 Setiap satu KTP bisa menukarkan hingga 100 lembar.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 21 April 2021  |  14:56 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah telah menyediakan uang tunai sebesar Rp22,10 triliun untuk melayani penukaran uang menjelang hari raya Idulfitri tahun ini. Adapun, penukaran bisa dilakukan mulai 12 April sampai 11 Mei 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Pribadi Santoso mengatakan, ketersediaan uang tunai jelang Idulfitri sebesar Rp22,1 triliun di tahun 2021, naik dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya Rp15,56 triliun.

"Masyarakat Jawa Tengah dapat melakukan penukaran uang di Kantor Bank Indonesia dan 56 bank yang telah bekerjasama yang tersebar di 114 titik seluruh Jawa Tengah," kata Pribadi, Rabu (21/4/2021).

Terkait teknis penukaran uang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menurut Pribadi, saat ini setiap bank sudah siap melakukan penukaran uang.

"Penukaran itu sudah bisa dilakukan dan teman perbankan juga sudah siap. Silakan masyarakat bisa datang ke Bank. Tidak harus ke BI. Diharapkan dengan sangat masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan transaksinya," imbuhnya.

Dia mengatakan, tahun ini masyarakat bisa menukarkan uang spesial HUT RI ke 75 yaitu uang pecahan Rp75.000 Setiap satu KTP bisa menukarkan hingga 100 lembar.

"Termasuk juga, uang pecahan Rp75.000 itu bisa didapatkan. Satu KTP seratus lembar. Dan bisa digunakan untuk transaksi jual beli," katanya.

Sebagai informasi, secara Nasional, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp152,14 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia menjelang Hari Raya Idulfitri 2021 atau mengalami peningkatan sebesar Rp42,94 triliun. (k28)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top