Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Wonogiri Menunda Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka

Kemenag belum mengusulkan uji coba PTM di tingkat Madrasah Ibtidaiah (MI). Karena masih cukup berisiko menimbulkan kerumunan.
Ilustrasi./JIBI-Nicolous Irawan
Ilustrasi./JIBI-Nicolous Irawan

Bisnis.com, WONOGIRI — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri menunda pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap kedua di Madrasah Tsanawiyah Negeri alias MTsN 2 Wonogiri. Penundaan PTM itu dilakukan karena para guru di madrasah itu belum divaksinasi Covid-19.

Fakta uji coba PTM Wonogiri ditunda itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Wonogiri, Cahyo Sukmana, saat dihubungi JIBI, Jumat (30/4/2021). Pada Kamis (29/4/2021), telah dilaksanakan rapat evaluasi antara kemenag dengan Pemkab dan Satgas Covid-19 Wonogiri tentang uji coba PTM madrasah di Wonogiri.

Cahyo mengatakan, pada tahap pertama ada dua madrasah yang menggelar uji coba PTM, yakni Madrasah Aliah Negeri (MAN) Wonogiri dan MTsN 1 Wonogiri. Pada uji coba tahap kedua, Kemenag Wonogiri mengusulkan empat MTsN lain di Wonogiri untuk bisa menggelar uji coba PTM.

Diketahui, ada lima MTsN di Wonogiri. Kelima madrasah itu yakni MTsN 1 Wonogiri, MTsN 2 Wonogiri di Kecamatan Wonogiri, MTsN 3 Wonogiri di Kecamatan Purwantoro, MTsN 4 Wonogiri di Kecamatan Nguntoronadi, dan MTsN 5 Wonogiri di Kecamatan Manyaran.

“Dari empat MTsN yang diusulkan untuk tambahan uji coba kedua, baru MTsN 2 Wonogiri sudah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan uji coba PTM tahap kedua,” kata dia.

Cahyo menuturkan, MTsN 2 Wonogiri telah mengelar uji coba PTM kedua selama tiga hari, Selasa-Kamis (27-29/4/2021). Namun mulai Jumat, uji coba PTM di madrasah itu harus ditunda karena para guru belum dirapid tes antigen dan divaksin Covid-19.

“Sebenarnya uji coba di MTsN 2 Wonogiri berjalan dengan lancar tidak ada kendala. Namun kami tidak mau mengambil risiko. Mulai hari ini [Jumat] Kantor Kemenag Wonogiri memutuskan ditunda dulu sembari menunggu para guru divaksin,” ungkap dia.

Ia mengatakan, uji coba di MTsN 2 Wonogiri akan kembali menggelar uji coba PTM jika semua guru sudah divaksin. Karena vaksin kepada guru merupakan salah satu ketentuan yang harus dijalankan sebelum menggelar uji coba PTM.

“Jadi pada uji coba tahap kedua sebenarnya ada tiga madrasah yang menggelar PTM. Namun kini hanya tinggal MAN Wonogiri dan MTsN 1 Wonogiri. Seperti pada tahap pertama uji coba. Siswa MTsN 2 Wonogiri kembali belajar secara daring,” ujar dia.

Cahyo mengatakan MTsN 3 Wonogiri, MTsN 4 Wonogiri, dan MTsN 5 Wonogiri belum menggelar uji coba karena belum mendapatkan persetujuan dari Dinas Pendidikan Provinsi dan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Wonogiri. Sehingga seluruh siswa di madrasah itu masih belajar secara daring.

Sementara itu, lanjut Cahyo, pihaknya belum mengusulkan uji coba PTM di tingkat Madrasah Ibtidaiah (MI). Karena masih cukup berisiko menimbulkan kerumunan. Terlebih saat pengantaran dan penjemputan anak di sekolah. Ada dua MIN di Wonogiri, yakni MIN 1 Wonogiri di Kecamatan Wonogiri dan MIN 2 Wonogiri di Kecamatan Baturetno.

“Saat ini uji coba PTM tahap kedua di MAN Wonogiri dan MTsN 1 Wonogiri berjalan dengan baik. Pada tahap awal maksimal peserta 110 orang. Pada tahap kedua ini sudah bertambah,” kata Cahyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aris Munandar
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper