Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Ringan Bayangi Semarang

Secara umum, pada hari ini, cuaca di Jawa Tengah cenderung berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.
Ilustrasi./Bisnis.com-Andhika Anggoro
Ilustrasi./Bisnis.com-Andhika Anggoro

Bisnis.com, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, memperkirakan hujan ringan akan terjadi di Kota Semarang pada Kamis (24/6/2021).

Dalam keterangan resminya, Gempita Icky Dzikrillah, Forecaster on Duty BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, memperkirakan bahwa siang hari hingga malam nanti sebagian besar wilayah di Jawa Tengah akan berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

“Potensi hujan sedang – lebat di wilayah Pegunungan Tengah, Pesisir Selatan, Solo Raya, dan sebagian Jateng Timur,” jelas Gempita. Sementara itu, arah angin berhembus dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 10 hingga 25 km/jam.

Suhu udara diperkirakan akan berkisar di 24 hingga 32 derajat Celcius. Dengan kelembapan udara berkisar di 55 sampai 95 persen.

Secara khusus, BMKG memperkirakan suhu di Kota Semarang pada hari ini berkisar antara 27 hingga 32 derajat Celcius. “Berdasarkan data yang diamati di Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang tanggal 24 Juni 2021 pukul 05.40 WIB, cuaca Kota Semarang berawan. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 5 km/jam. Suhu udara 25,8 derajat Celcius dan kelembapan udara 88 persen,” jelas Gempita. 

BMKG juga memperkirakan bahwa tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah akan berkisar 1 hingga 5 meter. Sementara itu, di Perairan Utara Jawa Tengah, tinggi gelombang diperkirakan akan mencapai 1,25 meter.

Pada 23 – 24 Juni 2021, curah hujan di Kota Semarang dilaporkan berkisar di angka 0,5 – 20 mm per hari, atau masuk ke dalam kategori hujan ringan. Kondisi tersebut terjadi di daerah Klipang, Sadeng, Meteseh, Tlogosari, Ngaliyan, Beringin, Ahmad Yani, dan Tanjung Emas.

Sementara itu, di Boja dan Gunungpati, curah hujan terjadi dengan intensitas sedang atau berkisar di angka 20 – 50 mm per hari.

Pada hari ini, BMKG memperkirakan curah hujan sedang hingga lebat akan terjadi di 17 Kabupaten / Kota. Wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat antara lain Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Temanggung, Slawi, dan Magelang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper