Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPR BKK Purwokerto Perlonggar Pengajuan Kredit

Rata-rata bisa menyalurkan kredit Rp40 miliar sebulan namun sejak pandemi, penyaluran kredit di kisaran Rp35 miliar per bulan, terendah Rp25 miliar.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, PURWOKERTO - Penyaluran kredit yang dilakukan PT BPR BKK Purwokerto (Perseroda), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami penurunan selama pandemi Covid-19, kata Direktur Utama PT BPR BKK Purwokerto (Perseroda) Sugeng Prijono.

"Sebelum pandemi, kami rata-rata bisa menyalurkan kredit Rp40 miliar sebulan namun sejak pandemi, penyaluran kredit di kisaran Rp35 miliar per bulan, terendah Rp25 miliar," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (30/7/2021).

Sugeng mengatakan hal itu di sela-sela penyaluran program pertanggungjawaban sosial (corporate social responsibility/CSR) guna membantu wartawan yang terkena maupun terdampak Covid-19 khususnya yang tergabung dalam PWI Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, pihaknya tidak melakukan pengetatan persyaratan bagi nasabah yang akan mengajukan kredit di BPR BKK Purwokerto.

"Bahkan, kami memberikan pelonggaran. Artinya, kami banyak memberikan diskresi-diskresi untuk kondisi yang ada saat ini, baik dari sisi persyaratan, baik dari sisi bunga pinjamannya, kami banyak berikan diskresi," katanya.

Dia mencontohkan pihaknya memberikan keringanan bunga bagi nasabah lama yang pembayarannya selalu lancar agar tetap bisa berusaha selama pandemi.

Selain itu, kata dia, banyak pula nasabah yang mengajukan relaksasi dan restrukturisasi kredit.

"Sampai saat ini, total relaksasi dan restrukturisasi yang kami berikan sudah mencapai kisaran Rp80 miliar dari total kredit yang kami salurkan hampir Rp600 miliar. Dan itu, sama sekali tidak membayar, minta penundaan benar-benar itu," katanya.

Terkait dengan program CSR, Sugeng mengatakan pihaknya pada tahun 2021 menganggarkan sekitar Rp780 juta untuk mendukung kegiatan tersebut, sedangkan dana yang telah tersalurkan hingga saat ini mencapai Rp426 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper