Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kreativitas Anak Muda di Balik Geliat UMKM Salatiga

Kualitas dan profesionalitas SDM jadi salah satu kunci kesuksesan Naruna Ceramic dalam memasarkan produknya.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 31 Agustus 2021  |  22:48 WIB
Proses produksi yang dilakukan salah satu karyawan Naruna Ceramic saat Tim Jelajah Investasi Jabar Jateng 2021 melakukan kunjungan ke Salatiga, Selasa (31/8/2021). - Bisnis/ Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Proses produksi yang dilakukan salah satu karyawan Naruna Ceramic saat Tim Jelajah Investasi Jabar Jateng 2021 melakukan kunjungan ke Salatiga, Selasa (31/8/2021). - Bisnis/ Muhammad Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, SALATIGA – Tim Jelajah Investasi Jabar Jateng mengunjungi Naruna Creative Space pada Selasa (31/8/2021) pagi. Dari luar, tempat tersebut tampak seperti cafe biasa. Namun, pengunjung yang datang mungkin bakal terkejut ketika masuk ke dalam.

Memang, pengunjung yang datang bisa menikmati ragam sajian makanan dan minuman di cafe yang tersedia di Naruna Creative Space. Namun, Roy Wibisono, pemilik Naruna Ceramic, juga memanfaatkan lokasi yang sama sebagai ruang pamer, ruang belajar, sekaligus ruang kerja.

Roy sempat bercerita bahwa Naruna Creative Space telah berdiri sejak Februari lalu. Ide utamanya memang untuk kegiatan operasional harian timnya yang didominasi oleh anak-anak muda. Namun, Roy juga menyimpan tujuan lain.

“Idenya seperti ini, yang datang ke sini sesuai target kami adalah [pelaku] UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang belajar dan tempat ini bukan hanya untuk showroom keramik, tapi juga untuk orang belajar kenapa Naruna ini bisa mengembangkan [usahanya]. Dengan melihat ini mereka bisa terinspirasi,” jelas Roy.

Visi Roy tersebut akhirnya terbukti, setelah nama Naruna Ceramic makin tenar di kalangan pelaku UMKM. Tak hanya di Jawa Tengah, tapi juga di Indonesia. Bahkan, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki sempat berkunjung ke Naruna Creative Space untuk menengok keberhasilan Roy dalam mengembangkan usahanya.

Ketika ditanya, Roy mengungkapkan bahwa kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu kunci keberhasilan usahanya. Tak heran apabila lantai 2 Naruna Creative Space yang berfungsi sebagai kantor Naruna Ceramic kebanyakan diisi oleh anak-anak muda yang energik dan stylish.

“Kita buat konsep Naruna ini sebagai UMKM yang ideal, seperti apa? [Salah satunya] didukung oleh orang yang profesional, kemudian didukung oleh konsep bisnis yang baik, orientasi sudah industri, kita bukan hanya [usaha] kecil. Kita punya mindset [bahwa] kita harus besar, [meskipun] dimulai dari 3 orang di garasi mobil,” jelas Roy.

Kualitas sumber daya manusia itulah yang kemudian mampu mendukung usaha Naruna Ceramic dalam memasarkan produknya. Meskipun telah memasarkan produknya hingga ke luar negeri, 85-90 persen pesanan Naruna Ceramic berasal dari dalam negeri.

Untuk mengirimkan produknya ke pelanggan, Naruna Ceramic menjalin kerjasama dengan JNE untuk memastikan kualitas layanan pengiriman terbaik hingga ke tangan konsumen. Kerja sama tersebut juga jadi salah satu wujud dukungan JNE bagi pelaku UMKM di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Liputan ini merupakan bagian dari program Jelajah Investasi Jabar Jateng 2021. Program Jelajah Investasi Jabar Jateng 2021 diselenggarakan atas dukungan para sponsor yakni DPMPTSP Jawa Barat, Diskominfo Jawa Barat, PT Migas Hulu Jabar (MUJ), PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Bank BJB, JNE Regional Jawa Barat, Bank Indonesia Jateng, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, Bank Jateng Syariah, JNE Regional Jateng, XL Axiata, dan Daihatsu Semarang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng keramik salatiga Industri Mebel dan Kerajinan Jelajah Investasi
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top