Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jembatan Ambles di Semarang, Empat Bulan Warga Harus Memutar

Amblesnya Jembatan Bendosari tidak kali ini saja terjadi. Sudah terjadi dua kali ambles. Pertama pada tahun 2016 dan kedua pada 2020 lalu.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 27 April 2021  |  17:21 WIB
Ketua RT 1 RW 1 Kalialang  Lama Semarang Sri Anaroh menunjukkan kondisi jembatan ambles. - Bisnis/Alif N.
Ketua RT 1 RW 1 Kalialang Lama Semarang Sri Anaroh menunjukkan kondisi jembatan ambles. - Bisnis/Alif N.

Bisnis.com, SEMARANG - Sudah empat bulan warga Kampung yakni Kalialang Lama dan Bendansari, Gunungpati, Kota Semarang tidak bisa melintas jalan penghubung terdekat lantaran jembatan ambles.

Padahal, jalan yang dihubungkan jembatan tersebut merupakan salah satu akses jalan utama bagi warga kedua kampung untuk bekerja. Akibatnya, hingga kini warga harus memutar arah sejauh 5 kilometer menuju kampung Bendansari.

Ketua RT 1 RW 1 Kalialang Lama, Sri Anaroh mengatakan, jembatan yang amblas tersebut terjadi secara bertahap. Mulai dari retak dan akhirnya amblas. Ia menduga, intensitas hujan tinggi dan air sungai sering meluap menyebabkan jembatan tergerus.

"Ini bertahap, awalnya retak dan tergerus terus menerus akhirnya sisi kanan ini mulai ambles dan menyeret material jalan," katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (27/4/2021).

Selain karena hujan, menurutnya, lapisan tanah bawah yang berupa lempung hitam menjadikan tanah bergerak dan labil saat terjadi luapan air sungai dan hujan lebat.

Amblesnya Jembatan Bendosari tidak kali ini saja terjadi. Menurut Sri Anaroh, sudah terjadi dua kali ambles. Pertama pada tahun 2016 dan kedua pada 2020 lalu.

Dia mengatakan, sudah ada upaya dari pemerintah untuk membangun kembali jembatan tersebut. Pembangunan tersebut menunggu musim kemarau datang.

"Kami berharap pemerintah segera memperbaiki karena jalan dan jembatan ini sangat penting untuk roda ekonomi masyarakat kedua kampung ini," katanya. (k28)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng semarang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top