Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surakarta Bakal Revitalisasi Tiga Pasar Tradisional pada 2023

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan detail engineering design (DED) untuk ketiga pasar tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Agustus 2022  |  12:17 WIB
Surakarta Bakal Revitalisasi Tiga Pasar Tradisional pada 2023
Pedagang melayani pembeli. Ilustrasi. - Antara/Dhemas Reviyanto
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta merencanakan revitalisasi tiga pasar tradisional pada tahun depan, yakni Pasar Joglo, Pasar Mebel, dan Pasar Jongke.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi di Solo, Senin (22/8/2022) mengatakan saat ini pemerintah tengah menyiapkan detail engineering design (DED) untuk ketiga pasar tersebut.

"Kalau untuk Pasar Joglo dan Pasar Mebel kami kerjakan selama APBD-P ini. Sedangkan untuk Pasar Jongke dikerjakan oleh pemerintah pusat," katanya.

Untuk revitalisasi Pasar Jongke ini nanti juga akan meliputi Pasar Kabangan. Rencananya kedua pasar tersebut akan dijadikan ke dalam satu lokasi.

Sedangkan untuk revitalisasi Pasar Joglo, dikatakannya, nanti akan dibangun dengan konsep desain yang lebih sederhana dan tidak menggunakan banyak ornamen. Untuk desain yang digunakan nantinya hampir sama dengan Pasar Senggol, Purwosari.

"Hanya akan dibangun satu lantai, dibuat seperti hanggar saja. Lebih hemat dan pembangunannya lebih simpel. Sama dengan Pasar Senggol, untuk Pasar Joglo juga akan mewadahi sekitar 100 pedagang," katanya.

Berbeda dengan Pasar Jongke, sebelumnya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan ada karakter tertentu yang dimunculkan.

"Anggarannya senilai Rp180 miliar dengan menggunakan APBN. Konsepnya akan dibuat tenant-tenant untuk pelayanan dari dinas. DED sudah dibuat, diperkirakan bulan Oktober selesai dan langsung sosialisasi ke pedagang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surakarta Pasar Tradisional jateng

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top