Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Direksi Baru KITB Siap Percepat Pembangunan Infrastruktur

Semangat direksi anyar itu tak lepas dari langkah yang telah dilakukan jajaran direksi sebelumnya dalam menyiapkan KITB.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 14 September 2022  |  19:51 WIB
Direksi Baru KITB Siap Percepat Pembangunan Infrastruktur
Istimewa - KITB
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) beberapa waktu lalu memperkenalkan jajaran direksi barunya. Tak perlu waktu lama, Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan, menyebut bakal melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di kawasan industri tersebut.

"Tugas kami mempercepat, itu saja saat ini. Saat ini saya belum bisa menyampaikan apa-apa karena baru bekerja dua hari," ucap Ngurah Wirawan usai mengunjungi Kantor Pemerintah Kabupaten Batang pada Selasa (13/9/2022) lalu.

Semangat direksi anyar itu tak lepas dari langkah yang telah dilakukan jajaran direksi sebelumnya dalam menyiapkan KITB. Terlebih, dalam waktu singkat, hutan karet milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX bisa disulap menjadi kawasan industri yang kini sudah siap menerima investor.

Ngurah Wirawan menyebut apa yang sudah dilakukan jajaran direksi sebelumnya itu sebagai kerja yang luar biasa. Pasalnya, tak mudah untuk melakukan perubahan fundamental di kawasan industri. "Apa yang sudah mereka laksanakan, ditambah dukungan dari Pemkab, Pemprov, dan kementerian teknis terutama Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah baik sekali," jelasnya kepada wartawan.

Pejabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, berharap agar pergantian jajaran direksi di KITB bisa memperkuat sinergi dan kerja sama yang selama ini telah terbangun. Adapun, Pemerintah Kabupaten Batang berkomitmen untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam jumlah besar di kawasan itu.

"Nanti prioritas tenaga kerja yang dibutuhkan KITB warga Batang, sesuai dengan kompetensinya. Dan saat ini sudah dilakukan kerja sama untuk mendata, menginventarisasi, mapping tenaga kerja yang dibutuhkan dan kebutuhannya," jelas Lani.

Sebagai informasi, dengan tujuh investor yang sudah resmi masuk ke KITB, jumlah tenaga kerja yang bisa terserap bakal berkisar di angka 2.000-3.000 orang. Jumlah tersebut diharapkan bisa terwujud secara bertahap. Terkait jumlah investor yang masuk, KITB menargetkan hingga akhir tahun 2022 ini bisa menjaring 16 investor lainnya.

Pada perkembangan lainnya, saat ini, komposisi pemegang saham KITB masih didominasi oleh PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) dengan porsi 96,59 persen. Adapun PT PP (Persero) Tbk dan PTPN IX masing-masing memegang 1,7 persen dan 1,22 persen saham. Sementara itu, Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Kabupaten Batang memegang saham sebesar 0,49 persen di KITB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KITB Kawasan Industri Wijayakusuma

Sumber : Siaran Pers

Editor : Farodlilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top