Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Warga Berisiko Corona di Kudus Diperiksa Massal

Pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penularan virus corona hanya diprioritaskan pada warga yang punya riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 November 2020  |  16:30 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus di Provinsi Jawa Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan massal pada kelompok warga yang rentan tertular Covid-19 dalam upaya menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tersebut.

"Kelompok rentan tersebut meliputi (warga) lansia, (orang dengan) obesitas, serta orang dengan penyakit bawaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Abdul Aziz Achyar di Kudus, Minggu (15/11/2020).

Penyakit bawaan yang dia maksud di antaranya hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit jantung.

Pemeriksaan kesehatan massal antara lain sudah dilakukan pada 25 orang yang tergolong rentan tertular Covid-19 di Puskesmas Gebog.

Abdul menjelaskan bahwa selama ini pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penularan virus corona hanya diprioritaskan pada warga yang punya riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.

Cakupan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus penyebab Covid-19, menurut dia, kemudian diperluas ke kelompok rentan karena angka kematian akibat infeksi virus corona di Kabupaten Kudus mencapai 12,4 persen dan lebih dari 90 persen kematian terjadi pada kelompok rentan.

"Dengan persentase kematian yang mencapai 12,4 persen, maka Kudus berada di urutan lima di Jateng sehingga harus bekerja keras untuk menurunkannya," ujarnya.

Selain memperluas cakupan pemeriksaan, Pemerintah Kabupaten Kudus juga memantau kondisi kesehatan warga dalam kelompok rentan tertular virus corona dengan melibatkan petugas puskesmas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng kudus Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top